Berlandaskan AL-QURAN & AS-SUNNAH

Keutamaan Menuntut ilmu Menurut pandangan Islam

ADSENSE HERE!
Assalamualaikum Wr.Wb. segala puji bagi allah Swt. shalawat serta salam tak lupa kita kita junjungkan kepada nabi muhammad Saw. yang telah membawa kita dari
zaman yang gelap gulita ke zaman yang terang menderang seperti sekarang.pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam. untuk lebih jelasnya mari kita baca secara seksama :

     Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu; atau pengetahuan atau kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb.

Image result for orang belajarSecara garis besar, Ilmu adalah merupakan suatu kumpulan proses dengan menggunakan suatu metode ilmiah yang menghasilkan pengetahuan yang sistematis

     Keutamaan ilmu dan orang yang menuntut ilmu sudah begitu jelas sebagaimana yang telah disebutkan, baik dalam al-Quran maupun hadits Nabi . Dan perlu diketahui bahwa ilmu yang mendapat pujian dalam al-Quran maupun sunnah adalah ilmu tentang syari’at Allah , ilmu yang menjelaskan tentang bagaimana beribadah kepada Allah , ilmu tentang halal dan haram dan lainnya. Adapun selain ilmu syar’i, maka hukumnya tergantung pada sejauh mana manfaat ilmu tersebut bagi Islam dan kaum muslimin.

Dalil - Dalil Al-Quran

QS. ALI IMRAN 3:18
"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." [QS. ALI IMRAN 3:18]


QS. AT-THAHA 20:113
"Dan demikianlah Kami menurunkan Al Quran dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebahagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al Quran itu menimbulkan pengajaran bagi mereka." [QS. THAHA 20:113]

Hadist Hadist Menuntut Ilmu

  •  “Barangsiapa yang pergi menuju masjid, dia tidak bermaksud kecuali untuk belajar kebaikan atau untuk mengajarkannya, maka baginya pahala seperti berhaji secara sempurna.” (HR Ath-Thabrani, hadits ini dinilai hasan shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 86.)

  • “Barangsiapa yang mendatangi masjidku ini (yaitu Masjid An-Nabawi) tidaklah ia datang kecuali untuk kebaikan yang akan dipelajari atau diajarkannya, maka ia berada di kedudukan seperti orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Dan barangsiapa yang datang dengan niat selain itu, maka kedudukannya laksana seorang laki-laki yang hanya memandang-mandang barang (perbekalan) saudaranya.” (HR Ibnu Majah dan Al-Baihaqi. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 87.)

  • “Barangsiapa keluar (dari rumahnya) dalam rangka menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR At-Tirmidzi, hadits ini dinilai hasan li ghairihi oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 88.)

Image result for menuntut ilmuKESIMPULAN

Dari Dalil" Al-Quran dan Hadist" Diatas, Kita dapat menyimpulkan bahwa Menuntut Ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan Muslimat. Sebagaimana dikatakan bahwa Orang yang menuntut ilmu sama halnya dengan berjihad dijalan allah. Marilah kita Menuntut ilmu untuk mencari Ridho Allah SWT.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © Pelajar Islam Post Indonesia. All rights reserved. Template by CB